Sabtu, 16 Januari 2010

Sedekah Membuat Hati Menjadi Lapang

 

Melakukan kebaikan, termasuk dalam hal-hal yang mendatangkan kebahagiaan dan menghilangkan keresahan seperti sedekah, berbuat baik dan memberikan sesuatu yang baik kepada sesama. Semua ini merupakan satu dari sekian banyak hal yang mampu menciptakan kedamaian didalam dada.

"Wahai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu" (QS. Al-Baqarah : 254)

Rasulullah menggambarkan orang yang kikir dan orang yang dermawan itu dengan dua orang yang masing-masing memiliki jubah. Orang yang dermawan terus-menerus memberi dan menginfakkan hartanya sehingga jubah yang dia pakai terus melebar demikian pula dengan baju perangnya yang terbuat dari besi sehingga bekas-bekas telapak kakinya terhapus. Sementara itu orang yang kikir terlalu kuat memegang hartanya dan semakin hari semakin berkurang sehingga menjepitnya dan semakin menyempit hingga jiwanya tersendat.

"Dan, perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat" (QS. Al-Baqarah : 265)

Belenggu yang mengikat jiwa adalah bagian dari belenggu yang mengikat tangan. Seandainya saja sadar bahwa apa yang diberikan kepada orang lain akan mendatangkan kebahagiaan, niscaya banyak yang berlomba untuk melakukan kebaikan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar