Kamis, 08 April 2010

Umur Manusia


Apabila menganalisa realitas usia seseorang akan mendapatkan kurang lebih hanya delapan tahun lamanya atau lebih kecil dari itu dua atau tiga tahun.

"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku" (QS. Dzariyat : 56)

Dalam buku Tanwir al-Adzhan min Tafsir Ruh al-Bayan disebutkan bahwa Bahlul ra, ia berkata, Pada suatu ketika, saya berada di salah satu jalan kota Bashrah. Tiba-tiba ada anak-anak kecil yang sedang bermain dengan biji-bijian. Pada saat itu, saya melihat ada seorang anak kecil yang menangis melihat teman-temannya yang lain. Lalu dalam hati saya bergumam, Anak kecil ini menangis sedih karena tidak mempunyai mainan seperti mainan yang ada di tangan teman-temannya, dia tidak memegang mainan apapun. Kemudian saya bertanya kepadanya, apa yang membuatmu menangis? Bagaimana kalau saya belikan biji-bijian untukmu agar kamu dapat bermain dengan mereka. Lalu dia menatapku dan berkata, Wahai orang yang sedikit akalnya, kita itu diciptakan bukan untuk bermain. Kemudian saya bertanya, Wahai anakku, lalu untuk apa kita diciptakan? Dia menjawab, Untuk mencari ilmu dan beribadah. Saya berkata, Darimana jawaban tersebut kamu dapatkan? Semoga Allah memberkatimu. Dia menjawab, Dari firman Allah yang berbunyi,
"Maka apakah kamu mengira bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?" (QS. Al-Mu'minun : 115)

Allah swt berfirman :

"Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa Lagi Maha Pengampun." (QS. Al-Mulk : 2)

Abu Hurairah ra berkata bahwa Nabi saw bersabda, Umur umatku itu antara 60 hingga 70 tahun. Dikarenakan Nabi usianya sampai umur 63 tahun.

Perhatikan bagaimana kehidupan yang fana ini hancur dan berlalu. Undang-undang dunia memperbolehkan seseorang bekerja 8 jam setiap harinya. 1 hari itu terdiri dari 24 jam. Oleh karena itu jika menghitung 8 jam setiap harinya dalam perkiraan waktu ajal 63 tahun maka telah menghabiskan waktu untuk kesibukan bekerja selama 21 tahun, begitupun dengan istirahat (tidur) dianjurkan 8 jam dalam 1 harinya. Berarti selama 63 tahun waktu telah dihabiskan untuk tidur selama 21 tahun. Jika dijumlahkan waktu tidur dan waktu bekerja 21 + 21 = 42, berarti menghabiskan waktu selama 42 tahun. Ditambah dengan masa kanak-kanak, biasanya dipergunakan untuk bermain-main dan bersenang-senang pada usia 1 tahun sampai 13 tahun. Berarti  selama menjalani hidup menghilangkan waktu sebanyak 44 + 13 = 55 tahun.

Jadi usia yang dimiliki pada saat ini tersisa hanya 8 tahun ( 63 - 55 ). Adakah sisa usia tersebut digunakan untuk beribadah kepada-Nya? Sesungguhnya Umat Muslim jika dikumandangkan azan, mereka tidak segera melakukan sholat kecuali bagi mereka yang dikasihi Allah.
"Kalau sekiranya Allah mengetahui kebaikan ada pada mereka, tentulah Allah menjadikan mereka dapat mendengar ....." (QS. Al-Anfal : 23)

Firman Allah swt :

"Hai Nabi, katakanlah pada tawanan-tawanan yang ada ditanganmu : "Jika Allah mengetahui ada kebaikan dalam hatimu, niscaya Dia akan memberikan kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil padamu dan Dia akan mengampuni kamu". Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Anfal : 70)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar