Sabtu, 31 Juli 2010

Jangan Nodai Cinta


Cinta dan kasih sayang adalah amanah dan anugerah Ilahi, cinta sebagai amanah wajib untuk kita jaga dan sebagai anugerah harus kita nikmati.

Bagaimana apabila hidup kita tanpa cinta ? yang jelas hampa, karena tidak ada cinta orang akan mudah tersinggung, tidak ada empati dan perhatian kepada orang lain, tidak ada hormat antara anak kepada orangtuanya begitupun orang tua terhadap anak muda, yang pada intinya tidak ada keharmonisan dalam hidup.

Hampanya cinta juga akan memusnahkan kehidupan sebuah keluarga. Seorang ibu akan menganggap kehadiran anaknya bukan karena amanah akan tetapi sebagai beban, tidak memiliki perasaan cinta. Dalam agama, cinta adalah perwujudan dari naluri yaitu naluri mempertahankan keturunan.

Allah SWT berfirman :
"Dihiaskan kepada manusia, mencintai syahwat (keinginan nafsu), seperti perempuan-perempuan, anak-anak dan harta benda yang banyak, dari emas, perak, kuda yang bagus, binatang-binatang ternak dan tanam-tanaman. Demikian itulah kesukaan hidup di dunia, dan di sisi Allah tempat kembali yang sebaik-baiknya (yaitu surga)." (QS. Ali Imran : 14)

Pada saat Allah menciptakan manusia, maka Allah sudah memberikan kepada manusia berbagai kelengkapan hidup, organ tubuh yang sempurna, akal dengan berbagai komponen berpikirnya, kebutuhan jasmani dan kebutuhan naluri. Dan dengan penciptaan yang Maha Sempurna, maka manusia akan dapat hidup di dunia ini, memanfaatkan berbagai fasilitas hidup yang Allah ciptakan dan juga mampu berhubungan dengan sesamanya.

Kebutuhan jasmani dan naluri menciptakan dorongan bagi manusia untuk hidup secara dinamis dan energik. Naluri mencintai akan mendorong manusia untuk berbuat demi memenuhi cintanya. Orang yang jatuh cinta umumnya melakukan apa saja demi menarik perhatian orang yang di cintainya dan berbagai cara dapat dilakukan dari yang wajar sampai dengan yang kurang wajar.

Cinta bukanlah kebutuhan biologis, meskipun kemunculannya melibatkan hormon-hormon seksual dalam diri manusia, dan juga pergerakan organ dalam diri manusia, sampai dengan pergerakan organ tubuh lainnya. Kaum pria menurut para ahli memiliki hormon testosteron yang bergerak karena adanya insting cinta. Sedangkan para wanita memiliki hormon progesteron.

Yang namanya kebutuhan naluri sangat berbeda dengan kebutuhan jasmani. Naluri memerlukan faktor eksternal, membutuhkan stimulus sedangkan jasmani tidak memerlukan eksternal sebagai contoh orang merasakan lapar maka orang tersebut tidak perlu rangsangan. Kebutuhan naluri sangat dipengaruhi oleh rangsangan dari luar sebagai contoh keinginan mencintai seseorang akan datang setelah saling pandang,

Rindu dan cemburu juga bagian dari naluri mencintai lawan jenis. Cemburu akan muncul ketika melihat atau mendengar orang yang dicintainya memberi lebih kepada orang lain.

Sabda Rasulullah SAW, "Wanita dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka nikahilah karena agamanya, niscaya selamatlah dirimu." (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar