Selasa, 13 Juli 2010

Mutiara Hikmah


1. Jiwa yang agung.

a. Jika engkau dizalimi, maafkan orang yang menzalimimu.
b. Jika mereka mengkhianatimu, sambunglah tali persaudaraan.
c. Jika engkau dianggap pembohong, janganlah marah.
d. Jika engkau dipuji, janganlah gembira.
e. Jika engkau dicela, biarkanlah dan jagalah dirimu.

2. Akibat baik dan buruk.

Orang yang tamak kepada dunia, akan mendapatkannya di dunia. Akan tetapi, ketika ia mendapatkan seluruhnya, dunia itu akan menjadi malapetaka baginya dan ia menjadi sengsara karenanya. Dan Orang yang berusaha untuk urusan akhirat. Akan tetapi, ia dapat menggapainya kemudian ia hidup bahagia karenanya.

3. Jihad yang terbaik.

Keutamaan Jihad adalah memerangi dan menantang hawa nafsu.

4. Ambilah nasehat yang baik.

Ambillah nasehat yang baik dari orang lain yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya.

5. Indahnya kesabaran.

Tidak ada gabungan yang lebih indah dari kesabaran yang digabung dengan ilmu yaitu sabar menghadapi musibah serta sabar menghadapi segala hal.


6. Disebut orang alim.

Seorang hamba dapat dikatakan alim jika ia tidak iri dengki kepada orang yang berada di atasnya dan tidak menghina orang yang berada di bawahnya.

7. Perilaku.

Jika mulut seseorang berkata jujur, maka perilakunya akan bersih, jika seseorang mempunyai niat baik maka akan mendapatkan kebaikan dan jika seseorang menyambungkan tali silahturahmi dan berbuat baik kepada keluarganya maka akan bertambah umurnya, memperbanyak harta, menghindarkan bala, mempermudah hisab di hari kiamat.

8. Mengajarkan ilmu yang bermanfaat.

Pahala orang yang mengajarkan ilmu adalah seperti pahala orang yang belajar darinya dan ia masih memiliki kelebihan darinya. Oleh karena itu, pelajarilah ilmu dari ahlinya dan ajarkanlah kepada orang lain.

9. Yang disukai Allah swt.

Sesuatu yang paling utama di sisi Allah swt adalah engkau meminta segalanya yang dimiliki-Nya.

10. Mata yang indah.

Mata yang bangun di malam hari pada jalan Allah, mata yang menangis karena takut kepada-Nya dan mata yang tidak pernah melihat- hal-hal yang diharamkan oleh Allah swt.

11. Jangan berwajah dua.

Hamba Allah yang paling celaka adalah hamba yang berwajah dan bermulut dua yaitu ketika ia memuji saudaranya dihadapannya kemudian ia meng-ghibahkan di belakangnya, ketika saudaranya itu dianugerahi nikmat kemudian ia iri dengki dan ketika saudaranya tertimpa musibah kemudian ia mencelanya dan menghinanya.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb.....ana izin copi ya artikel"nya sebelumnya terima ksh...

    BalasHapus