Minggu, 09 Mei 2010

Kesombongan Wanita


Keagungan itu adalah pakaian-Nya, Sombong itu adalah jubah-Nya. Tidak ada seorang pun yang berhak memakainya kecuali Dia. Apabila ingin selamat dari neraka, tanggalkanlah keduanya.

Rendah hati, lembut, tenang dalam menghadapi masalah merupakan ciri wanita yang mulia, hikmah, cinta, wibawa, damai dan kedudukan yang tinggi merupakan buah dari tawadhu. Apakah yang pantas untuk disombongkan dari diri ini, merasa paling cantik, kaya dan awet muda serta segala yang ada di dunia ini semua itu hanya sementara, merupakan titipan-Nya dan milik-Nya.

Dengan merasa lebih daripada yang lain dalam segala hal, itu tanda bahwa ingin selalu dipuji dan dihargai, itu juga berarti meremehkan orang lain, padahal belum tentu mereka lebih buruk daripada diri sendiri atau belum tentu lebih baik daripada mereka.

Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak memandang pada bentuk rupamu, dan tidak pula memandang pula kekayaanmu, tetapi Allah memandang (menghargai) pada hatimu."

Dengan akhlak yang baik lebih harum daripada parfum apapun, dengan kelembutan lebih lembut daripada segumpal salju. Jagalah kecantikan itu dengan keimanan, keikhlasan dan dengan harga diri maka akan menjadi seorang muslimah mulia. Manusia tidak pantas berlaku sombong. Wanita mulia senantiasa berlaku sopan, mengalah dan menghargai setiap insan dan merendahkan dirinya dihadapan Allah swt.

Firman Allah :
"Dan janganlah kamu memalingkan muka dari manusia (karena sombong dan merasa lebih hebat), dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS. Luqman : 18)

Katakan dengan tegas bahwa setiap ayat Allah adalah satu kebenaran yang mutlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar